Pelatihan di LEC

Cimahi, 29-31 Agustus 2016, bertempat di gedung LEC Cimahi. Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Cimahi bekerja sama dengan CCA, mengadakan acara pelatihan dan Pengembangan Film, TV Program, Multimedia dan Animasi untuk guru-guru dan siswa SMK jurusan Broadcasting, Multimedia dan Animasi di Kota Cimahi.

Acara ini dibuka oleh Kadis Pendidikan Kota Cimahi, Pak Dikdik, menegaskan bahwa Kota Cimahi punya potensi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat melalu industri kreatif. Dalam hal ini, ditekankan bahwa lulusan SMK diharapkan mampu menjadi pelaku industri kreatif khususnya dalam bidang animasi.

Acara hari pertama untuk guru dibuka oleh Pak Rudi Suteja, seorang pelaku bisnis di bidang industri kreatif menceritakan bahwa produksi animasi di Indonesia sangat kecil, film-film animasi yang banyak justru dari luar Indonesia. Karena itu, sangat diharapkan jika tahun-tahun mendatang Indonesia bisa menjadi tuan rumah di rumah sendiri. Lapangan pekerjaan di bidang animasi juga masih sangat terbuka luas, setidaknya sampai tahun 2019, dibutuhkan sekitar 3000 orang untuk diperkerjakan sebagai pelaku animasi.

Untuk para siswa, yang datang dari berbagai sekolah di Cimahi, mendapat pelatihan pembuatan animasi dari CCA, dari hari pertama hingga hari terakhir. Adapun software yang mereka gunakan adalah Blender.

Menurut saya, sebagai guru yang ikut dalam pelatihan tersebut, acara ini sangat bermanfaat untuk menyamakan visi dan misi dalam mengajar. Selain itu juga, bagus untuk menambah wawasan guru. Semoga kedepannya, acara pelatihan seperti ini masih terus dilakukan. Bukan hanya sebatas program, tetapi memang benar-benar untuk meningkatkan kualitas guru maupun murid.

Comments

Popular posts from this blog

Evander Holyfield

Yin Yang

Prinsip 90/10